Bangun Masjid untuk 800 Muslim di Tojo Una-una

Rp6.722.624

terkumpul dari target Rp300.000.000
2.24% terkumpul 0 hari lagi
Minimum amount is Rp Maximum amount is Rp

Detail

Masjid Madinatul menjadi masjid pertama yang ada di pemukiman muslim di Kecamatan Ulubongka, Tojo Una-una, Sulawesi Tengah.

Masjid di desa Takibangke Kec. Ulubongka Kab. Tojo Una-una kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal, muslim dan mualaf suku ta’a di desa ini berkembang cukup pesat.

Pemukiman muslim di desa tangkibangke ini sudah ada sejak tahun 1997 atas bantuan Dinas Sosial yang diinisiasi oleh para dai. Mayoritas warga yang bermukim di desa tersebut berasal dari suku ta’a wana yang awalnya hidup di tengah hutan, dengan pola hidup nomaden atau berpindah-pindah.

Desa inilah awal mula adanya pemukiman muslim di kecamatan Ulubongka, Tojo Una-una. Bersamaan dengan itu, terbangunlah Masjid Madinatul Ilmi atau masjid Patanage dalam bahasa suku ta’a yang artinya tempat berkumpul menuju akhirat.


Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah Ta’ala (mengharapkan wajah-Nya) maka Allah akan membangunkan baginya rumah (istana) di Surga” [HR. Muslim]

Alhamdulillah, muslim di desa ini terus berkembang. Awalnya sekitar 200 jiwa, kini sudah mencapai 800-an jiwa. Namun perkembangan itu tidak seiring dengan kondisi masjid yang ada.

Masjid Madinatul Ilmi kondisinya sangat memprihatinkan. Tembok berbahan papan kayu sudah banyak yang lapuk. Bahkan sempat beberapa papan kayu itu roboh termakan usia.

Ukuran masjidnya pun tak lagi menampung jamaah desa. Padahal, masjid ini selalu digunakan untuk shalat jumat dan ibadah di hari raya. Sementara masjid lain jaraknya jauh, sekitar 2 km dengan medan jalan yang cukup terjal.

Masjid ini belum tersentuh bantuan dari pemerintah. Swadaya dari masyarakat pun belum cukup untuk merenovasi masjid tersebut. Mayoritas warga Desa Takibangke berprofesi sebagai petani kebun yang ekonominya pas-pasan.

Mari Sobat, kita bantu saudara muslim di Pedalaman Tojo Una-Una memiliki masjid yang layak.